SUN Valas Oversubscribed 4,8 kali Didukung Kepercayaan Investor

SUN Valas Oversubscribed 4,8 kali Didukung Kepercayaan Investor

SUN 2014Jakarta. Jelasberita.com | Tingkat kepercayaan investor asing terhadap Indonesia dinilai masih sangat tinggi. Hal ini terlihat dari terjadinya kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 4,8 kali pada penawaran awal Global Bond/Surat Utang Negara (SUN) berdenominasi dolar AS yang diterbitkan pada Kamis (8/1) yang lalu.
Tercatat, total permintaan Global Bond tersebut mencapai 19,3 miliar dolar Amerika Serikat. Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Utang, Robert Pakpahan pada konferensi pers di kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (16/1).
Menurutnya, hal ini merupakan hasil dari perbaikan-perbaikan atau reformasi yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam beberapa bulan terakhir. “Seperti reformasi di subsidi (fixed subsidy), itu menjadikan resiko fiskal kita lebih minimal. Artinya ekonomi kita dalam keadaan yang lebih stabil dan sehat,” ujarnya.
Seperti diketahui, pemerintah menerbitkan Global Bond dalam dua seri penerbitan yakni RI0125 dengan tenor 10 tahun dan yield 4,125 persen serta RI0145 dengan tenor 30 tahun dan yield sebesar 5,125 persen. Selain tingkat kepercayaan investor yang tinggi, momentum yang tepat merupakan kunci keberhasilan pemerintah.
Sesuai dengan arahan Menteri Keuangan, lanjutnya, pemerintah akan mencoba mengurangi crowding out di pasar domestik dengan menambah porsi pembiayaan valuta asing dan juga dari multilateral dan bilateral, khususnya dari program pinjaman yang bersifat tunai. Selain itu, untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan tingkat suku bunga di Amerika Serikat yang diperkirakan terjadi pada semester kedua tahun ini, pemerintah berencana menyelesaikan  pembiayaan dari  valas pada semester pertama.(rilis/ti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi formulir

Samosir Pilihan Terbaik bagi Kamu Berpetualang Jelajahi Eksotisme Danau Toba

Danau Toba sangat luas. Terdiri dari 8 kabupaten. Jika kamu hanya punya libur dua hari rasanya tak cukup untuk eksplorasi banyak hal di Dana...